ClearOS 5.1 Siap Gantikan Windows SBS

ClearOS, nama baru dan penerus dari ClarkConnect yang telah lama dikenal sebagai server untuk usah kecil dan menengah ini, baru saja merilis ClearOS 5.1 Enterprise untuk konsumsi publik. ClearOS menyediakan dukungan update selama 18 bulan sebagaimana lazimnya jadwal dari kebanyakan distro-distro yang ada.

Sejatinya GNU/Linux. Linux dan Sistem Operasi sejawatnya turunan Unix seperti Netcraft. FreeBSD telah menguasai dunia maya. Linux kini telah menjadi tulang punggung komputasi untuk korporat yang misalnya menggunakan Samba untuk berkolaborasi dengan cabang perusahannya, sebagai bagian dari infrastruktur pusat data skala Google.com dan menguasai komputasi skala super komputer. Disisi lain, untuk kebutuhan UKM (usaha kecil dan menengah) komposisinya agak berbeda, dikancah ini masih bercokol produk proprietari seperti Microsoft’s SBS (Small Business Server). Guna menembus dan meningkatkan pangsa pasar UKM, kini tampil Clear Foundation dengan strategi dan wajah baru dengan merilis (penerus ClarkConnect 5.0) ClearOS 5.1 Enterprise sebagai sebuah “small business server distribution“.

Tidak banyak berbeda dengan ClarkConnect, ClearOS mempertahankan kemudahan mengelola server dan untuk menjalankannya sama sekali tidak diperlukan keterampilan seorang SysAdmin. Untuk itu ClearOS menutup ke-“ribet”-an dan kompleksitas dari sistem Linux dengan GUI yang mudah dimengerti. Ia dapat dikelola pengguna yang mengerti soal jaringan secara umum, tanpa perlu mempelajari meknisme kerja dari kecanggihan teknologi Linux yang ada dibalik kap mesinnya.

Tanpa mencantumkan kata Linux, ClearOS jelas (clear) merupakan OS yang dibangun menggunakan Linux, tepatnya ia berbasis distribusi CentOS yang notabene adalah tiruan dari Red Hat Enterprise Linux ( RHEL) yang dibangun menggunakan basis distribusi komunitas Fedora. Versi ClearOS 5.1 menggunakan CentOS 5.4 yang berasal dari RHEL 5 update 4 sebagai basis.

Bersama versi aktual ClearOS 5.1 disertakan software Samba versi 3.4.3 yang memungkinkan berkolaborasi dan bertukar data dengan pengguna Windows 7 melalui protokol SMB/CIFS. Kecuali itu, pengembang ClearOS mengintegrasikan software pelindung untuk Antiphishing terkini sementara ia meningkatkan antarmuka konfigurasi agar lebih ramah lagi terhadap pengguna. Sebagai solusi untuk Groupware disertakan software aplikasi dari Kolab.

Pengguna Clarkconnect mulai versi 4.x keatas, dapat langsung meningkatkannya ke ClearOS 5.1. Opsi ini juga ditawarkan oleh media CD-Install ClearOS 5.1 yang baru saja beredar. Dalam waktu dekat dijanjikan kemungkinan untuk meng-upgrade menggunakan perintah “yum upgrade”.

Untuk versi bebas (secara teknis tidak berbeda dengan versi enterprise), disediakan kemungkinan untuk dukungan update tanpa biaya melalui jaringan ClearSDN (Service Delivery Network) yang mensuplai koreksi untuk kekliruan dan perbaikan keamanan. Kecuali itu tersedia subscription berbayar yang menawarkan layanan (support) lebih dengan membayar 200 US-dollar per 3 tahun termasuk update khusus yang mengandung seperti Anti-Malware atau Anti-Spam juga dikenakan biaya extra.

Kalau ada yg mau download ini link nya :

http://www.clearfoundation.com/Software/downloads

selamat mencoba ya ^^,

<!–

About yosepraharja
none

One Response to ClearOS 5.1 Siap Gantikan Windows SBS

  1. Infonya menarik, kedepan mungkin lebih banyak lagi membahas open source yang makin diminati masyarakat, blog ini telah bisa menjawabnya .. tks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: