Instalasi Mikrotik

Bagi kamu yang masih pemula silakan baca-baca dulu tulisan saya sebelumnya mengenai Pengenalan Mikrotik terlebih dahulu yang berisikan penjelasan singkat apa itu mikrotik, fungsi, manfaat dan beberapa tipe instalasi yang bisa digunakan. Tulisan ini khusus membahas instalasi Mikrotik menggunakan media Compact Disc (CD) atau biasa disebut CD-Install.

Pendahuluan

Download dulu mikrotik 2.9.27. Untuk instalasi software RouterOS, kamu akan butuh perangkat CD-Writer dan CD kosong. Silakan bakar (burning) file .ISO yang sudah kamu download ke dalam CD menggunakan software pembakar CD seperti Ahead Nero dan software favorit kamu lainnya. Pada tutorial ini saya akan mencoba memberikan visualisasi berupa gambar-gambar langkah demi langkah instalasi RouterOS versi 2.9.27 pada komputer PC.

Langkah Instalasi

  1. Masukkan CD yang sudah dibakar ke dalam CD Drive, lalu booting PC.
  2. Pilihlah paket instalasi yang ingin digunakan. Proses ini berkaitan dengan lisensi RouterOS yang kamu miliki.
  3. Tekan tombol “I” untuk melanjutkan instalasi. Kamu akan ditanya apakah akan meneruskan dengan memformat isi hard disk (hati-hati jangan sampai salah hard disk). Saat ditanya apakah akan menyimpan informasi lama, silakan dijawab tidak atau tekan tombol “N”.
  4. Ambil snack dan minuman ringan serta tunggulah beberapa saat selama proses instalasi dilakukan.
  5. Sudah selesai? tekan Enter untuk melakukan booting pertama kali RouterOS.
  6. Sesaat setelah RouterOS berhasil di boot, kamu akan dihadapkan pada layar seperti gambar 6. Lakukan pengecekan sistem terhadap kemungkinan kerusakan yang terjadi, tekan tombol “Y”.
  7. Kamu sudah selesai melalukan instalasi RouterOS.

Proses Login dan Sistem Konsol

Setelah sukses instalasi kamu sudah dapat login untuk pertama kalinya seperti terlihat pada gambar 7. Gunakan username admin dengan password kosong (tekan tombol Enter saja). Kamu wajib mengganti password dengan password-mu sendiri, gunakan perintah /password.

Paket standar Mikrotik yang sudah kamu install minimal akan berisi paket sistem (system package) saja. Termasuk dasar Routing IP dan Administrasi Router. Untuk menambah paket lainnya seperti wireless, OSPF, IP Telephony dan sebagainya silakan download terlebih dahulu paket-paketnya. Penting untuk diperhatikan adalah saat memilih paket tambahan yaitu harus sama versinya dengan RouterOS yang kamu gunakan. Jika tidak maka paket tambahan tersebut tidak dapat diinstalasi.

Kita akan bahas sistem konsol dan cara navigasinya lebih lanjut pada tulisan berikutnya dari saya.

sumber : http://dedekurniadi.web.id

About yosepraharja
none

One Response to Instalasi Mikrotik

  1. Pingback: Leave a Comment – Tutorial Linux & Microsoft Windows - Cari Judul Skripsi, Makalah, Laporan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: